Wabup Solok Tinjau Lokasi Tabligh Akbar UAS

Foto : Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin meninjau lokasi Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad (UAS) di Pondok Pesantren Darussalam.

SOLOK

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin meninjau lokasi Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad (UAS) di Pondok Pesantren Darussalam, Aur Duri Sumani, Kecamatan IX Koto Singkarak, Selasa (25/9/2018).

Turut mendampingi Wabup saat itu Kapolsek Singkarak Iptu Ahmad Ramadhan, Kanit Intel Bripka Deli Harapno, Danramil Singkarak Pelda Yoni Afrizal, Camat Singkarak Syahrial, Walinagari Sumani Bennofri dan diterima pengelola Pesantren Darussalam, Sa’adudin, beserta majelis guru dan pengurus Pondok Pesantren Darussalam.

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin menyatakan peninjauan tersebut ditujukan untuk mengetahui sejauh mana persiapan yang telah dilakukan Ponpes Darussalam menerima kedatangan UAS.

Dijadwalkan, Ponpes Darussalam menjadi lokasi pertama yang akan disambangi UAS dalam lawatannya selama dua hari di Kabupaten Solok dan Kota Solok. Ponpes Darussalam akan dikunjungi UAS pada Rabu, 17 Oktober 2018, pukul 08.00 WIB.

“UAS adalah tamu daerah, bukan hanya tamu ponpes, Kabupaten Solok atau Kota Solok, tapi juga tamu Sumatera Barat. Sebagai tokoh agama yang fenomenal dan dikagumi tidak hanya oleh umat Islam, sosok UAS banyak dikagumi sebagai tokoh pemersatu. Tentu saja, akan banyak persoalan nanti yang harus kita tata dan persiapkan dengan maksimal,” ujarnya.

Yulfadri juga berharap kepada seluruh masyarakat dan pimpinan di seluruh tingkatan untuk menjadi tuan rumah yang baik dan ramah menerima tamu.

“Kita berharap segalanya diserahkan ke ahli. Mulai dari lalu lintas, pengamanan, konsumsi, dan sedetailnya,” kata Wabup

Selain itu, dirinya juga berharap, seluruh pihak bekerja maksimal dari awal hingga akhir.

“Segera lakukan inventarisir, kemudian bagi tugas masing-masing.Sehingga nanti ada rekayasa jama’ah, agar tidak menumpuh di satu titik.” tegasnya

Wabup menambahkan, nantinya tidak ada pesan-pesan politik maupun agenda kampanye saat kegiatan berlangsung.

“Jangan ada pesan-pesan politis dalam kegiatan. Karena ini murni syiar Islam,” ujarnya diamini Camat Singkarak Syahrial dan Walinagari Sumani Bennofri.

Sementara itu Kapolsek Singkarak Iptu Ahmad Ramadhan menyatakan dalam pengamanan arus lalu lintas dan pengawalan, kepolisian memakai sistem 91. Yakni aplikasi arus satu jalur ke lokasi, pengamanan sistrm terbuka dan tertutup serta pengawalan VVIP. Sehingga, tidak mengganggu arus jalan lintas Sumatera Kawasan Singkarak.

“Kita menggunakan sistem pengamanan dan pengawalan secara terbuka dan tertutup. Rombongan VVIP memiliki akses langsung masuk ke lokasi. Kita juga akan melakukan rekayasa lalu lintas dan menentukan titik parkir. Sehingga, kawasan di sekitar lokasi tidak terjadi kemacetan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Danramil Singkarak Pelda Yoni Afrizal menyatakan Kodim 0309/Solok akan fokus di pengamanan rombongan UAS dan jamaah. Terutama dalam rekayasa jamaah saat tabligh akbar berlangsung.

“Kehadiran UAS tentu akan menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya warga sekitar atau warga Kabupaten Solok, tapi juga dari daerah lain dan provinsi tetangga. Sehingga, diprediksi akan ada penumpukan massa di titik acara. Ini akan kita lakukan rekayasa jamaah, sehingga saat lokasi acara sudah memenuhi kapasitas, jamaah yang masuk ke lokasi, kita stop,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, pengelola ponpes, Sa’adudin menyebutkan pihaknya akan melakukan persiapan matang dalam penyambutan dan pentelenggaraan tabligh akbar UAS.

Ponpes Darussalam menurutnya telah membentuk panitia dan melakukan koordinasi dengan panitia dari Pemkab Solok. Sebab kedatangan UAS bukan hanya alek Pesantren Darussalam, tapi juga alek nagari Sumani, Kabupaten Solok dan Sumatera Barat.

“Kita akan sambut UAS semaksimal mungkin. Segala persiapan telah kita rancang jauh-jauh hari. Kita harapkan kedatangan UAS akan memberikan efek positif pada syiar Islam dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap pendidikan di Pondok Pesantren,” ungkapnya.

Selain di Ponpes Darussalam Sumani, di hari yang sama, UAS juga dijadwal menggelar tabligh akbar di Lapangan Sepakbola SMPN 3 Gantung Ciri pada pukul 16.00 WIB, dan Islamic Center Kotobaru pada pukul 20.00 WIB. Keesokan harinya, Kamis 18 Oktober, UAS menggelar Kajian Subuh di Masjid Agung Almuhsinin Kota Solok pukul 05.00 WIB dan dilanjutkan dengan tabligh akbar di Lapangan Merdeka Kota  Solok pada pukul 08.00 WIB. (MARDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *