Alamak.!! Proyek Siluman Muncul di Agara.

Foto : Bupati LIRA Agara, Saleh saat meninjau lokasi proyek yang diduga siluman.

KUTACANE.

Proyek pembangunan irigasi di Desa Keran Lawe Tungkas Kecamatan Tanoh Alas Kabupaten Aceh Tenggara diduga proyek siluman.

Pasalnya proyek tersebut tanpa ada sumber dana yang jelas dan tidak menemukan adanya penjelasan papan proyek sehingga menimbulkan kecurigaan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Bupati LIRA, Saleh mengatakan bahwa pihaknya mempertanyakan sumber dana dari pembangunan proyek siluman tersebut.

“Kami sebagai masyarakat memiliki hak untuk mengetahui apa sebenarnya pembangunan ini, dari mana asal sumber dananya.? Soalnya dilapangan tidak terlihat papan proyek yang menjelaskan asal usul dananya,” ungkapnya, Rabu (26/12/18).

Menurutnya, sebagai mana tertuang dalam undang-undang jika memang pembangunan itu sumbernya dari pemerintah seharusnya ada papan informasi yang jelas.

“Jangan sampai menjadikan banyak pertanyaan akibat tidak adanya informasi yang terbuka,” papar Saleh.

Hal senada juga diungkapkan Ketua PWI Agara Abadi Selian, SE. Menurutnya proyek pekerjaan yang tidak ada papan nama ditengarai melanggar Undang – Undang nomor 14 tahun 2008.

“Hal ini bertentangan dengan keterbukaan informasi kepada publik yang mana perihal tersebut merupakan hak setiap warga negara untuk mendapat serta memperoleh informasi publik berdasarkan asas keterbukaan.” cetusnya.

Ketua PWI menambahkan, proyek yang dikerjakan tanpa memasang papan nama terindikasi trik untuk membohongi masyarakat agar tidak memonitoring besar anggaran dan sumber anggaran.

Untuk itu, seharusnya pihak-pihak terkait ,seperti pengawas lapangan memonitoring dan menegur rekanan agar memasang informasi proyek saat di mulai pekerjaan

“Kwalitas pekerjaan dan di khawatirkan tidak akan bertahan lama. Dari sini bisa di pastikan bahwa tidak ada pengawasan terhadap pekerjaan tersebut, jadi keberadaan pengawas perlu di pertanyakan,” katanya.

Sementara itu, hingga berita ini diunggah belum ada pihak yang bisa dimintai keterangan. ( Aditya )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *