MTQ ke-50 Tingkat Kota Binjai Resmi Dibuka

BINJAI

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 Tingkat Kota Binjai, dengan mengangkat tema, pelaksaan MTQ, mari kita wujudkan kota yang cerdas dan beriman, bertempat di Arena MTQ, Jalan Bejomuna, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Rabu (20/3).

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wakil Walikota Binjai, H Timbas Tarigan, didampingi, Sekda, M Mahfullah P Daulay, Ketua MUI, HM Jamil, Kakan kemenag, H Abdul Rahman, Ketua LPTQ, Amir Hamzah, Kabag Kesra Sofyan Siregar, S.STP dan seluruh pimpinan OPD, SKPD, dan FKPD, di jajaran Pemko Binjai.

H Timbas Tarigan sesaat sebelum membuka pelaksanaan MTQ ke-50 Kota Binjai, mengatakan bahwa, nilai-nilai ajaran Islam seutuhnya terkandung dalam Alquran dan hadis. Banyak hal yang diajarkan dalam Alquran termasuk aqidah, ibadah, dan muamalah, akhlak, hukum, sejarah dan bahkan ilmu pengetahuan, serta hal lainnya yang mengatur dari hal terkecil sampai yang besar. Yang kemampuannya adalah untuk memperoleh keridhaan Allah.

“Pelaksanaan MTQ ini bukan sekedar kegiatan seremonial belaka, namun jauh lebih besar harapan kita, yakni bagaimana membumikan ajaran yang terkandung di dalam Al- quran , menumbukhan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Jadikan Alquran sebagai pedoman hidup dan petunjuk bagi umat manusia untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat, ” ucap Timbas.

Diutarakannya, berbagai upaya yang telah dilakukan sebagai upaya memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) dan akhlak, khususnya generasi muda Islam Kota Binjai dalam konsep pembangunan Binjai kota cerdas yakni, gerakan magrib mengaji yang sudah lama kita canangkan.

Pelatihan guna peningkatan kapasitas guru-guru mengaji tradisional, guru-guru MDA, dan guru Tahfiz Alquran, pelatihan cara cepat membaca Alquran jepada generasi muda, termasuk pelaksanaan MTQ berjenjang yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Tema pelaksanaan MTQ tahun ini diharapkan akan melahirkan kekuatan tersendiri dalam membangun kontribusi dan semangat umat Islam untuk pencapaian visi misi Kota Binjai menuju kota cerdas dan berdaya saing.Maka manfaatkanlah pelaksanaan MTQ ini sebagai lokomotif untuk mencerdaskan umat sekaligus sebagai benteng mengantisipasi, menjawab dan menyikapi berbagai dinamika, serta permasalahan sosial yang ada, ” tegas Wakil Walikota.

Ketua panitia yang juga Kakan Kemenag Kota Binjai, H Abdul Rahman menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan MTQ adalah untuk meningkatkan minat baca Alquran, pemahaman Alquran dan persiapan mengikuti MTQ tingkat nasional mendatang.

Kakan Kemenag mengatakan, bahwa bagi pemenang MTQ ke-50 Kota Binjai, telah disediakan hadiah berangkat umrah yang diberikan oleh Walikota Binjai, HM Idaham, PT Bank Sumut, dan dari rumah sakit swasta di Kota Binjai, kepada beberapa orang pemenang.

Menambahkan, Ketua LPTQ Kota Binjai, Amir Hamzah, menjelaskan bahwa LPTQ berharap pembangunan agama dalat membantu mencerdaskan umat melalui pembangunan akhlak, moral, dan karakter.(HeN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *