Walikota Binjai Pimpin Upacara Hardiknas 2019.

BINJAI.

Walikota Binjai HM Idaham, SH, MSi memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, di lapangan Merdeka Binjai, Jalan Veteran Kel. Tangsi, Kec. Binjai Kota, Kamis (02/05).

Upacara mengambil tema” Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan ” upacara diikuti oleh Korpri, TNI, Polri, Satpol PP Binjai, serta ratusan pelajar SD, SMP,¬†dan SMA Se Kota Binjai.

Walikota Binjai membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjor Effendy mengatakan tema yang diangkat dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berprilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat.

“Saat ini peserta didik kita didominasi generasi ‘Z’ yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui Tri Pusat Pendidikan : Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat.”, ujarnya.
“Kita juga mencatat, anggaran pendidikan kita sekitar 63% dikelola daerah. Oleh karena itu, perlu diingatkan terus-menerus agar daerah mengambil peran yang lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBD baik melalui dana alokasi umum (DAU) maupun dana alokasi khusus (DAK) dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program prioritas, serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20%”, lanjutnya.

Walikota Binjai juga menambahkan melalui momentum Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 untuk mengkonsen trasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi.

“Sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.” ujarnya. (HeN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *