Pengadaan Kalender di Agara Habiskan Ratusan Juta.

KUTACANE.

Pemborosan anggaran kembali terjadi tahun 2019 ini. Kali ini pemkab Agara menganggarkan Rp 190 juta untuk pengadaan kalender yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Pemkab Aceh Tenggara yang ditangani oleh rekanan CV. Ananda.

Kabag Humas Pemkab Agara Zulpan Harijadi, S.STP menyebutkan total kalender yang dicetak ialah sekitar 2200 eksemplar. Sebutnya saat dikonfirmasi Suarakitaonline.com diruang kerjanya pada Kamis (16/5).

Kalender tersebut baru dibagikan pada awal bulan Mei 2019 yang lalu. Dikarenakan keterlambatan dalam percetakannya. Yang mana selesai dicetak pada akhir bulan April 2109 yang lalu. Tidak seperti tahun sebelumnya, pembagian kalender dari pemkab agara tepat akhir tahun atau awal tahun.

Menanggapi hal ini Zulpan mengatakan bahwasanya pengadaan kalender tidak bisa lagi di cantumkan dalam Anggaran Pendapatan Belanjan Kabupaten Perubahan (APBKP).

Hal ini disebabkan oleh aturan yang dikeluarkan oleh Gubernur Aceh.
Disisi lain, kalender yang dibagikan oleh Pemkab Agara Tahun 2019 sangat jauh berbeda kualitasnya dengan kalender sebelumnya yang pernah dibagikan oleh Pemkab Agara pada tahun lalu. seperti misalnya, dari segi ketebelan kertas yang lebih tipis dan kontur warna yang lebih buram.
Terkait hal ini, Zulpan menyebutkan bahwa percetakan tersebut sudah sesuai dengan spesifikasi, bebrbeda dengan tahun lalu yang mana kelebihan spesifikasi.
Diduga percetakan kalender tersebut memakan biaya sekitar Rp. 86.000 per eksemplarnya. Sedangkan beberapa percetakan yang dihubungi oleh suarakitaonline.com menyebutkan biaya percetakan kalender dengan kualitas kertas Bahan ArtCarton gsm dan sudah full color hanya memakan estimasi biaya Rp.20.000 saja, kalo cetak 1000 eksemplar dapat diskon. Ujar salah satu costumer servis percetakan saat dihubungi via seluler. (Dika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *