Wali Kota Binjai Pimpin Upacara Harkitnas ke 111

BINJAI.

Pemerintah Kota Binjai menggelar upacara dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019. Senin, (20/05)

Walikota Binjai HM Idaham SH, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara diikuti seluruh ASN jajaran Pemko Binjai, TNI, Polri, Pelajar, di Lapangan Merdeka, Jalan Veteran Kel. Tangsi Kec Binjai Kota.

Wali Kota Binjai HM Idaham SH, MSi membacakan sambutan Menkominfo RI, Rudiantara menyampaikan Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad.

“Kuncinya ada dalam dwilingga salin suara berikut ini adalah gotong-royong,” ujar Idaham

Semangat persatuan dan gotong-royong, lanjut Wali Kota Idaham, telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara. Ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat di seluruh suku, adat, dan budaya yang ada di Indonesia.

Mengingat kondisi Indonesia saat ini pasca pesta demokrasi, persatuan dan gotong-royong perlu ditegakkan. Meskipun pilihan yang berbeda-beda dalam Pemilihan Umum, namun semua pilihan tentu untuk kebaikan bangsa.

“Kita sudah menyelesaikan pemilihan umum nasional tanggal 17 April yang lalu. Dan itu dilakukan dengan baik dan sekarang masih berproses dengan baik, dan seharusnya kita tunggu saja hasil lembaga yang berwenang menurut UU, yaitu KPU, untuk mengumumkan hasil rekapitulasinya. Oleh sebab itu, tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita,” imbaunya.

Penumbuhan jiwa gotong – royong dan persatuan tersebut sejatinya telah digaungkan bahkan sejak wilayah Nusantara disatukan oleh Mahapatih Gadjah Mada yang tertulis dalam naskah Sumpah Palapa.

Dalam Sumpah Palapa tersebut, para ahli menyepakati makna amukti palapa, yang berarti Mahapatih Gadjah Mada yang tak akan menghentikan puasanya sebelum menyatukan Nusantara.

“Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini,” bebernya.

Idaham menambahkan, Harkitnas kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bulan suci ini menuntun untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT.

“Seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah,” pesannya.

Turut hadir pada upacara yg mengambil tema “Bangkit Untuk Bersatu” ini Dandim 0203/Langkat Letkol Inf Syamsul Alam, SE, Kajari Binjai Viktor Antonius Saragih Sidabutar, SH, MH, Waka Polres Binjai Kompol Hamdan, SH, Sekdako Binjai M Mahfullah P Daulay, S.STP, MAP, jajaran kepala OPD Pemko Binjai, Camat dan Lurah, serta tamu undangan. (HeN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *