HUT ke 45, Pemkab Agara Hapus Nama Tokoh Pendiri

KUTACANE

Hari Jadi Kabupaten Aceh Tenggara yang ke 45 yang seharusnya menjadi momentum untuk mengenang para pahlawan dan para pendiri kabupaten malah menjadi ajang penghapusan nama pendiri Kabupaten tersebut.

Hal ini terjadi berdasarkan keputusan Bupati Aceh Tenggara dengan Nomor: 400/70/2019 Tentang penetapan nama-nama pendiri Kabupaten Aceh Tenggara yang mendapat bingkisan pada peringatan Hari Jadi ke 45 Kabupaten Aceh Tenggara.

Dari hasil lampiran tersebut pada SK tersebut salah satu tokoh pendiri tidak tercantum namanya yaitu Rasjidan Raufi Djamal (RR. Djamal).

Padahal dalam susunan pengurus panitia “Aksi Tuntutan Rakjay Tanah Alas/Gayo Lues” Kutatjane yang dibuat pada 19 Maret 1963 silam, RR Djamal menjabat sebagai Ketua Pengurus Harian.
Amri Sinulingga, selaku cucu dari RR. Djamal merasa keberatan atas SK yang dikeluarkan oleh Pihak pemerintah daerah tersebut karena nama almarhum kakeknya dihapuskan dari daftar Tokoh Pendiri Kabupaten Aceh Tenggara.

Hal itu ia sebutkan saat dikonfirmasi Suara Kita Rabu (26/6) di gedung DPRK Agara, yang mana ditempat tersebut dilaksanakannya Rapat Paripurna HUT Ke 46 Kabupaten Aceh Tenggara.

Bahkan menurut Amri, pada surat-surat keputusan sebelumnya yang pernah dikeluarkan oleh Bupati yang menjabat dahulunya, nama RR Djamal selalu masuk ke daftar tokoh pendiri Kabupaten Aceh Tenggara.

“saya berani menunjukan bukti bahwa kakek saya dulu adalah salah satu tokoh pendiri Kabupaten ini, saya punya SK-nya mulai dari tahun 1963 dan tahun 2011 yang dikeluarkan oleh mantan Bupati H. Hasanuddin B. Yang sudah menjabat sebagai Bupati selama Periode”. Ujar Amri kepada Suara Kita.

Mengenai hal ini, Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim, MAP masih enggan berkomentar dan malah meninggalkan Gedung DPRK Agara dengan segera seusai Rapat Paripurna HUT ke 45 Kabupaten Aceh Tenggara. (DIKA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *