321 Calon Jemaah Haji Binjai di Tepung Tawari

BINJAI

Sebanyak 321 calon jemaah haji Kota Binjai 1440 H Tahun 2019 mengikuti manasik Haji Akbar dan Tepung Tawar , di Pendopo Umar Bakie Jalan Veteran Kel. Tangsi Kec. Binjai Kota, Senin (16/07).

Hadir pada acara yang dibuka Wali Kota Binjai HM Idaham SH, MSi, tersebut Ketua MUI Binjai HM Jamil, MA, Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH, Kakan Kemenag Binjai H Abd Rahman, Kepala BNNK Binjai AKBP Suprayogi, Ketua TP PKK Binjai Hj Lisa Andriani, para kepala OPD Pemko Binjai.

Dalam sambutannya, Walikota Binjai HM Idaham SH, MSi mengucapkan terima kasih kepada kantor kemenag atas di selenggarakan acara manasik haji akbar dan tepung tawar tahun ini.

“Hal yang perlu kita sadari pelaksanaan ibadah haji bukan hanya sejauh mana  niat kita dalam melaksanakannya, akan tetapi juga sebesar apa kesiapan lahir dan batin kita untuk melaksanakannya,” ujar Idaham.

HM Idaham yang juga bertindak sebagai Ketua Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kota Binjai itu menambahkan tahun ini dari Binjai sebanyak 4 orang menjadi TPHD. Dimana pada tahun sebelumnya hanya 1 orang saja.

Selain itu, beberapa Kepala Daerah lain terpaksa batal berangkat karena tidak mendapat izin dari Kementerian

“Alhamdulillah, pagi ini izin saya sudah keluar. Ini membuktikan bahwa semua itu memang kehendak dari Allah SWT,” sebut Idaham

Mantan Kadis Pertamanan Kota Medan ini juga meminta jamaah agar selalu kompak dan menjaga kesehatan selama di Mekkah.

Sebab cuaca di tanah air berbedah jauh dengan cuaca ditanah suci Mekkah pasti disana akan lebih panas, karenanya perbanyaklah meminum air putih terutama air zam-zam agar tidak dehidrasi
“Insya allah dengan tubuh yang prima semua ibadah akan dapat dijalankan dengan sempurna” tambahnya

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai H Abd Rahman Hrp mengatakan,  tujuan kegiatan bimbingan manasik haji akbar dan tepung tawar calon jemaah haji Kota Binjai, untuk memberikan pemahaman yang utuh dan mewujudkan haji yang mandiri.

“Kegiatan ini akan dilakukan selama dua hari dimulai tanggal 15 hingga 16 Juli.” ujarnya.

Calon jemaah haji Kota Binjai tergabung dalam kloter 12  berjumlah sebanyak 317 orang ditambah 4 TPHD, terdiri dari 122 pria dan 209 perempuan.

“Rencananya akan masuk asrama haji tanggal 23 Juli, berangkat ke Tanah Suci pada 24 Juli dan tiba kembali di tanah air pada tanggal 4 September.” sebutnya. (HeN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *