Anggaran Defisit, UPTD Dayah Agara Kurang Fasilitas

KUTACANE

Anggaran Kabupaten Aceh Tenggara defisit sebabkan beberapa instansi tidak dapat menjalankan program-program untuk pengembangan di daerah.

Unit Pelayan Terpadu Daerah (UPTD) Dayah Kabupaten Aceh Tenggara juga terkena efek defisit anggaran tersebut.

Hal itu disebutkankepala UPTD Dayah Agara, Samri, S. Ag, di ruang kerjanya Senin (15/07).

Menurutnya UPTD Dayah Agara hanya mendapatkan pagu anggaran 500 juta rupiah, dan sudah terealisasi sebesar 69 juta rupiah dan digunakan untuk pembayaran Upah Pegawai (UP) UPTD Dayah yang dipimpinnya.

Sedangkan sisanya akan digunakan untuk pembelian fasilitas kantor seperti pembelian Air Conditioner (AC) untuk ruang kerjanya, pembelian dua unit Komputer (PC) lengkap, pembelian Laptop satu unit dan beberapa untuk pembelian kursi.

“Kita sudah coba untuk mnegusulkan anggaran tambahan kepada Pemda untuk beberapa kegiatan penyokongan tiap-tiap dayah yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara namun pihak pemda Agara menyebutkan bahwa anggaran daerah sedang defisit, jadi untuk sementara anggaran yang ada kita gunakan untuk keperluan kantor ini saja”. sebutnya

Bahkan ia berencana membuat kegiatan Hari Santri Nasional dan beberapa kegiatan positif yang mendukung di Aceh Tenggara yang akan dihadiri oleh 6000 santri se Agara, dan kegiatan tersebut memakan anggaran yang cukup besar.

Dari keterangan jumlah 40 dayah yang ada di Agara sudah 36 pondok pesantren yang terakreditasi di Banda Aceh.

Diakuinya, perlu peran pemerintah untuk terus memberikan dukungan untuk dayah-dayah yang di Agara.

“Namun kendati demikian Pemkab Agara kurang memberikan perhatian” pungkasnya (Dika/Aditya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *