Binjai Tawarkan Pengolahan Air Bersih Buat Warga Medan

Medan

Walikota Binjai HM Idaham, SH, M.Si menawarkan penjualan air curah dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtasari Binjai untuk memenuhi kebutuhan air bagi pelanggan PDAM Tirtanadi Medan.

Tawaran tersebut disampaikan langsung oleh HM Idaham saat berkunjung kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, diruang rapat lantai 10 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Rabu (17/7/2019).

Kepada Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Idaham menjelaskan saat ini di Binjai sedang dibangun dua IPA yang akan selesai pembangunan dalam waktu dekat ini, masing-masing IPA di kecamatan Binjai Selatan yang memanfaatkan air baku dari sungai Bingai dengan kapasitas 300 liter/detik dan IPA Binjai Utara yang memanfaatkan air baku dari pertemuan sungai Bingai dan sungai Mencirim, juga dengan kapasitas 300 liter/detik.

Dengan demikian akan ada penambahan kapasitas sebesar 600 liter/detik. Dari keseluruhan kapasitas terpasang terhadap pemakaian air di Kota Binjai berdasarkan pertumbuhan pelanggan, maka diperkirakan masih ada kapasitas tidak terpakai (idle capacity) sebesar 550 liter/detik.

“Sehubungan dengan adanya idle capacity produksi air sebesar 550 liter/detik, kami menawarkan penjualan air curah ke wilayah Kota Medan,” kata Idaham.

Idaham memperkirakan kapasitas air 550 liter/detik akan mampu melayani penambahan sebanyak 44 ribu pelanggan di Kota Medan, dengan asumsi pemakaian air sebesar 30 m3/pelanggan.

Atas tawaran yang disampaikan Idaham, Edy Rahmayadi menyambut baik dan menyatakan setuju. Mantan Pangkostard inj juga memerintahkan kepada pimpinan instansi terkait untuk secepatnya merealisasikan tawaran kerjasama tersebut.

Kepada Direktur PDAM Tirtasari dan PDAM Tirtanadi untuk menindaklanjuti dengan kerjasama pembangunan pipa jaringan air bersih menghubungkan Medan-Binjai.

Menurut Edy selama hal tersebut untuk kebaikan masyarakat, Pemerintah provinsi pasti bersedia mendukung dan membantu.

Dalam pertemuan tersebut Walikota HM Idaham didampingi Sekretaris Daerah M Mahfullah Pratama Daulay, Asisten Wali Kota bidang Perekonomian dan Pembangunan Dahnial Reza, Direktur PDAM Tirtasari Muhammad Idaham, Kepala Bappeda Agustawan Karnajaya, Kepala Dinas PU Elvi Kristina, dan kabag Humas Rudi Iskandar. (HeN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *