Wali Kota Pimpin Upacara Harganas ke 26

BINJAI.

Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, M.Si memimpin upacara peringatan Harganas (Hari Keluarga Nasional) 26 tahun 2019 dan peringatan Hari Kesadaran Nasional, bertempat di Lapangan Merdeka Binjai, Jalan Veteran Kel.Tangsi Kec. Binjai Kota, Rabu (17/07).

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi dalam membacakan amanat tertulis dari Kepala BKKBN Dr. Hasto Wardoyo, SP.oG.(K) mengatakan Peringatan Harganas XXVI tahun ini mengambil tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”.

“Semoga dengan tema slogan tersebut peringatan Harganas dapat dijadikan momentum dan pemacu bagi keluarga di Indonesia. Terus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas.” sebutnya

Walikota menambahkan bahwa program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di Indonesia secara kwantitas dan kualitas cukup menggembirakan.

Rata-rata wanita usia subur melahirkan (TFR) dari 6,7 pada tahun 1970 menjadi 2,4 pada tahun 2018. Kegiatan berbentuk upaya peningkatan ketahanan dan juga kesejahteraan keluarga saat ini terus berkembang di masyarakat.

“Keberhasilan ini tentu berkat komitmen yang kuat para pemangku kepentingan dengan para mitra kerja BKKBN.” serunya

Pemerintah menyadari peran keluarga di dalam membangun bangsa dan negara.
Maka sesuai keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 2014, ditetapkan setiap tanggal 29 Juni adalah Hari Keluarga Nasional.

Lanjut Wali Kota, setiap keluarga memiliki 8 fungsi penting membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara. Kedelapan fungsi itu adalah agama, cinta kasih, perlindungan, fungsi ekonomi, fungdi pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi sosial budaya dan lingkungan.

“Diharapkan keluarga dapat memahami dan melaksanakan ke 8 fungsi tersebut, mengingat setiap fungsi merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.” sebutnya.

Turut hadir pada upacara tersebut Ketua TP PKK Binjai Hj Lisa Andriani Idaham, Waka Polres Binjai Kompol Hamdan SH, MH, Sekdako Binjai M Mahfullah P Daulay S.STP, MAP, Ketua Pengadilan Agama Masalamah Bainon, Danramil 01/BK Kapten Inf A Yani Lubis, Kasi Intel Kejari Binjai Erwin Nasution SH, Kepala Kantor Kemenag Binjai H Abd Rahman, jajaran Kepala OPD, Camat dan Lurah serta tamu undangan. (HeN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *