Pemko Gelar “Binjai Run 5K & 10K”

BINJAI

Peringatan hari kemerdekaan yang rutin dirayakan setiap 17 Agustus, menjadi momen spesial bagi bangsa Indonesia. Tidak hanya menjadi even perayaan, tetapi juga landasan memperkuat sikap patrotik dan rasa persatuan anak bangsa.

Menyambut momen spesial itu, Pemko Binjai melalui Dinas Permuda dan Olahraga (Dispora) menggelar even lomba lari tingkat Sumatera Utara bertajuk “Binjai Run 5K dan 10K 2019”, yang direncanakan digelar pada 25 Agustus mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana, yang juga Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Pemerintah Kota Binjai Sujono, Sabtu (10/08) siang, mengatakan, Binjai Run 5K dan 10K 2019 digelar dalam menyambut peringatan hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Menurutnya, even olahraga tersebut terbuka bagi peserta kategori umum maupun pelajar. Dalam hal ini, total hadiah yang disediakan pihaknya mencapai lebih dari Rp57 juta.

“Untuk tampil di even ini, calon peserta terlebih dahulu mendaftarkan diri ke pihak panitia di Kantor Dispora Pemerintah Kota Binjai, pada jam kerja. Masa pendaftaran peserta sendiri akan ditutup pada 22 Agustus 2019 mendatang,” ungkapnya.

Lebih jauh Sujono menjelaskan, jarak tempuh pelari pada even Binjai Run 10K dan 5K 2019 terbagi atas dua kategori. Hal tersebut tentunya disesuaikan dengan kategori pelari yang mengikuti lomba, yakni peserta umum dan pelajar.

Untuk kategori umum, jarak tempuh atau jauh lintasan pelari ditetapkan sepanjang 10 kilometer. Sedangkan untuk kategori pelajar, jarak tempuh pelari ditetapkan hanya sepanjang 5 kilometer.

“Rencananya, Binjai Run 10K and 5K 2019 akan mengambil titik start dan finish dari Lapangan Merdeka Kota Binjai. Dari situ, seluruh peserta akan berlari melintasi sejumlah jalan protokol di Kota Binjai, untuk selanjutnya finish di titip semula,” seru Sujono.

Sesuai agenda, Binjai Run 10K and 5K 2019 siap dibuka oleh Wali kota Binjai Muhammad Idaham, serta dihadiri sejumlah tokoh olahraga daerah. Even ini sendiri diprediksi diikuti ribuan peserta dari dalam dan luar kota.

Menariknya, kata Sujono. Hadiah akan diberikan kepada 10 pelari yang berhasil menorehkan catatan waktu tercepat pada dua kategori perlombaan.

“Kebetulan, ini adalah even kedua yang kita laksanakan dalam dua tahun terakhir di Kota Binjai. Besar harapan kita, para peserta yang ikutserta dalam kompetisi ini adalah pelari-pelari muda potensial yang datang dari berbagai daerah di Sumatera Utara,” ujar Sujono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *