Bangun Karakter Anak Bangsa Melalui Pramuka

BINJAI

Pramuka adalah salah satu lembaga yang telah memiliki undang-undang kepanduan, dan merupakan lembaga pendidikan karakter paripurna. Yang didalamnya diajarkan untuk memiliki rasa cinta kebangsaan, menanamkan jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Maka mari kita semua menyemangati, bekerja keras untuk membangun karakter anak bangsa melalui pramuka, ” ujar Kepala Kwarcab Pramuka Binjai, H Timbas Tarigan, SEĀ  usai Apel Besar Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 di Lapangan Merdeka Binjai, Sabtu (31/08).

Lebih lanjut kepada wartawan Timbas menegaskan bahwa, di usia menginjak angka 58 tahun tentunya sudah banyak pengalaman dalam hal membangun karakter anak bangsa terutama anak-anak didik kita.

“Saya berharap seluruh elemen baik pemerintah dan swasta mari kita bersatu untuk terus membangun pramuka ini. Karena salah satu lembaga paripurna dalam membangun karakter itu ada di pramuka. Di masa pendidikan inilah akan terbentuk rasa kebangsaan, nasionalisme, sportifitas, dan semua itu kita bangun melalui pramuka, “jelas Timbas.

Selain itu, satu hal yang penting bahwa dengan pramuka diharapkan generasi muda kita akan terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Melalui kegiatan-kegiatan pramuka yang positif saya yakin anak-anak kita akan terhindar dari seluruh hal negatif termasuk salah satunya narkotika.

Timbas turut menyampaikan bahwa saat ini program unggulan pramuka Binjai adalah profesionalitaskan kembali para pelatih. Hal tersebut bertujuan agar seluruh anggota pramuka di Binjai menjadi anak didik yang pantas untuk menggantikan pemimpinnya di masa mendatang.

“Kita akan terus melakukan pembenahan di internal, terutama para pelatih. Karena apapun ceritanya isi pramuka baik dan buruknya bergantung dari pelatih, kemudian berlanjut kepada pembina,” jelasnya. (HeN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *