Diduga Mantan Residivis Ikut Seleksi Calon Dirut PDAM Agara

Kutacane

Diduga seorang mantan resedivis mengikuti kegiatan seleksi calon direktur utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Aceh Tenggara yang digelar beberapa waktu mendatang.

Mantan narapidana tersebut pernah terjerat kasus khalawat dan pidana namun sudah melalui proses hukum yang berlaku.

Pendaftaran seleksi PDAM Tirta Agara telah dibuka sejak 20 Agustus 2019 dan sudah ditutup 2 September yang lalu. Adapun peserta yang ikut berpartisipasi dalam pemilihan Dirut PDAM Tirta Agara ialah ada lima kandidat yaitu Edi Sabara, SE, Hasan Basri, Japarudin SE, Mat Budiaman S. Pd. I dan yang terakhir adalah Ali Amran.

Ali Amran yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksan tugas (plt) Direktur PDAM Tirta Agara pernah tercatat sebagai tersangka sesuai dengan surat Kejaksaan Negeri Aceh Tenggara dengan nomor : B-1303/L.1.20/09/2019 yang mana disurat tersebut menjelaskan bahwa Ali Amran pernah dihukum berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Kutacane dan Putusan Mahkamah Syariah Kutacane terkait kasus Khalwat (Mesum) dan Pidana.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Tenggara sekaligus Ketua Panitia seleski PDAM Tirta Agara M Ridwan saat ditemui, Senin (9/9/2019) menjelaskan apabila ada salah seorang calon tidak memenuhi syarat sebagai mana yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi maka akan digugurkan sebagai calon.

Adapun syarat-syaratnya ialah WNI, tidak pernah melakukan kegiatan yang merugikan negara atau tindakan lainnya yang tercela, berpendidikan minimal S1.

Lalu ada pula persyaratan pendukung seperti berpengalaman bekerja secara organisasi berjenis perusahaan selama lima tahun disertai rekomendasi dari instansi tempat bekerja sebelumnya dengan penilaian yang baik.

Menanggapi adanya kandidat yang memiliki catatan riwayat hidup tercela, M. Ridwan menerangkan

“Apabila ada bukti yang cukup kuat dan putusan pengadilan mengenai perbuatan yang tercela oleh salah satu kandidat maka hari itu juga akan kita gugurkan”. Tegas Ridwan singkat. (Dika/ Aditya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *