Ungkap Kasus Besar, AKBP Nugie Dipromosikan Jadi Kapolres Jepara

BINJAI

Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis mengeluarkan telegram rahasia (TR) mutasi sejumlah jabatan perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) Polri, Jum’at (6/12/2019)

Berdasarkan TR Kapolri bernomor: ST/3233/XII/KEP/2019 tertanggal 6 Desember 2019 tentang mutasi Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto.

Mantan Danyon A Brimob Polda Sumatera Utara tersebut dipromosikan sebagai Kapolres Jepara di Polda Jawa Tengah. Sedangkan jabatan Kapolres Binjai nantinya, akan dijabat oleh AKBP Romadhoni Sutardjo, Kabag Ops Polrestabes Medan.

Nugroho yang akrab disapa Nugie, tercatat sebagai Kapolres Binjai mulai Februari 2019 menggantikan AKBP Donald Simanjuntak yang dipercaya menjabat Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Sumatera Utara.

AKBP Nugroho Tri Nuryanto mengatakan bersyukur pernah mengabdi di Kota Binjai, Dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang berada wilayah hukum Polres Binjai.

” Alhamdulillah saya bersyukur sempat ditugaskan di Kota Binjai dengan masyarakat yang sangat hangat menerima saya. Binjai tidak akan terlupakan dalam hidup saya, karena telah menggoreskan tinta emas dalam perjalanan karir dan perjalan hidup saya,” ucapnya, Senin (9/12/2019).

Jebolan Akademi kepolisian (Akpol) tahun 2000 juga meminta maaf kepada masyarakat Binjai, Karena masih banyak kekurangannya selama menjadi Kapolres Binjai.

“Saya meminta maaf kepada masyarakat apabila ada sikap atau tutur kata saya yang kurang pas karena itu semua tidak ada unsur kesengajaan dari saya karena saya sadar bahwa tidak ada manusia yang sempurna pasti ada kekurangan yang intinya niat saya selama ini ingin berbuat baek untuk masyarakat binjai terutama dalam penegakan hukum ,” kata pria kelahiran ngawi Jawa Timur ini.

Namun di balik kekurangannya, terselip keberhasilan besar yang ditorehkan AKBP Nugroho Tri Nuyanto. Di antaranya berhasil melakukan penanganan kebakaran pabrik korek api yang memakan korban 30 orang tewas yang seluruh tersangkanya saat ini masih dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri Binjai.

Selain itu dirinya juga berhasil mengamankan Pemilu serentak tahun 2019 yang menguras banyak tenaga. “Semua bisa kita laksanakan berkat bantuan dan dukungan masyarakat dan tokoh-tokoh yang ada di Binjai,” ucapnya.

Dalam hal penegakan hukum, Nugie terbilang sangat anti dengan narkoba. Dia mengaku tidak memberi kelonggaran sedikit pun kepada para pengedar dan bandar narkoba.

Terbukti, Satuan Narkoba Polres Binjai berhasil menggagalkan peredaran 5 kilogram sabu dan 25 ribu butir pil ekstasi yang nilai transaksinya ditaksir Rp 10 miliar keberhasilan ini merupakan sejarah polres binjai yang baru skr ini dibawah kepemimpinan Akbp nugie bisa mengamankan narkoba jenis sabu n ekstasi yang jumlahnya sangat besar .

Polisi juga berhasil menggerebek tambang ilegal dan galian C yang selama puluhan tahun beroperasi di atas lahan HGU PTPN II di Bhakti Karya, Binjai Selatan.

Dalam ketegasan menangani berbagai kasus AKBP Nugroho Tri Nuryanto juga dikenal sebagai polisi yang humanis dan kerap membantu sesama dengan program jum’at barokah, Tidak hanya itu, Dia juga sering memberikan bantuan ke sejumlah mesjid yang sedang dalam proses renovasi.

” Bakti sosial yang kami lakukan sebagai wujud kepedulian dan keprihatinan terhadap warga yang kurang mampu. Sehingga dapat mengurangi sedikit beban masyarakat, ” tandasnya

Lebih dari itu AKBP Nugroho Tri Nuryanto yang dikenal dekat dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda kerab mengajak para perwira dijajaran Polres Binjai bersepada bersama untuk memantau situasi kamtibmas di Kota Binjai sekaligus melakukan silaturahmi dengan masyarakat yang bertujuan untuk menyampaiakan pesan kamtibmas sekaligus mendengarkan masukan dari warga mengenai kamtibmas dilingkungan sehingga akan cepat ditindak lanjuti oleh petugas kepolisian baik Polsek atau Polres.

Dalam mendukung program pemerintah agar pembangunan di kota Binjai berjalan lancar, Baru-baru ini Kepolisian Polres Binjai yang dipimpin AKBP Nugroho Tri Nuryanto juga melakukan OTT pejabat dinas PUPR kota Binjai yang saat ini proses hukumnya masih berlanjut.

Nugie juga berharap, kedepan segala permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat bisa dihadapi dan dapat diselesaikan dengan baik melalui komunikasi dan kerjasama yang sudah berjalan selama ini.

“Kami, Polres Binjai senantiasa membutuhkan support dari masyarakat dan Kota Binjai akan selalu dihati saya yang masyarakatnya sangat ramah dan cerdas” tegas Nugie. (HeN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *