Umat Islam Dihimbau Shalat I’ed di Masjid

FOTO : Ilustrasi

BINJAI

Pemerintah Kota Binjai meniadakan pelaksanaan  shalat  Idul Fitri 1441 H/2020 M di tanah lapang Binjai.  Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus covid19.

Begitupun, umat Islam tetap dapat  melaksanakan shalat Ied  di masjid dengan  mematuhi protokol  kesehatan. Diantaranya, membawa sajadah sendiri, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan memakai sabun.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai Drs. H Abdul  Rahman Harahap, di Binjai, Selasa (19/5), mengatakan  kebijakan terkait pelaksanaan shalat Ied berdasarkan Himbauan Bersama Walikota Binjai, Kepala Kantor Kementerian Agama, Majelis Ulama  Indonesia dan Ketua PD Dewan masjid Indonesia  Kota Binjai tentang pelaksanaan Ibadah Ramadhan 1441 H dalam rangka antisipasi pencegahan penyebaran Covid19. 

Adapun pertimbangannya adalah  pelaksanaan shalat ied di lapangan akan  mengundang banyak jamaah  yang datang sehingga  sulit untuk mengatur jarak antara jamaah. Panitia Hari Besar Islam selaku pelaksana shalat Ied di tanah lapang akan kesulitan  menerapkan protokol  kesehatan tentang menjaga jarak (social distancing)  dan menyediakan  alat kesehatan.  

“Sedangkan di masjid  masih bisa  dijaga kebersihannya oleh BKM serta dapat mengatur jarak antar  jamaah jangan terlalu rapat, penyediaan  sabun dan air untuk cuci tangan juga lebih mudah, “ kata  Abdul Rahman.

Kakan kemenag  mengatakan  penyebaran  covid19  tidak terlihat. Karena itu  dalam pelaksanaan ibadah  harus  mematuhi protokol kesehatan. Kepada  pengurus BKM agar memastikan tersedianya  fasilitas kebersihan  dan menghimbau  jamaah  tetap memakai masker selama ibadah sholat ied. Setelah selesai pelaksanaan ibadah agar segera pulang ke rumah serta dianjurkan untuk tidak bersalam –salaman. 

Bahkan Menteri Agama Republik Indonesia menyarankan agar Shalat Idul Fitri 1441 H  dilaksanakan di rumah masing-masing, mengingat hukumnya adalah sunnah  beserta  dengan tatacaranya  walaupun tanpa khatib.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *